Sygma Group
Jalan Pintas
Konsultasi Penulisan Buku
Silahkan berkonsultasi mengenai cara penulisan buku
Pengolaan Naskah
Mengola naskah
Peluang Bisnis
Temukan informasi peluang bisnis yang cocok untuk Anda
Reseler
Daftar Sekarang
Photo Galeri
Join Group
About
Profil Sygma

HIDUP BERSAMA KEAJAIBAN
TRANSFORMASI KREATIVITAS SYGMA CREATIVE MEDIA CORPORATION

Hidup Bersama Keajaiban adalah upaya transformasi tiada henti atas nilai-nilai fitrah manusia ke dalam bentuk-bentuk kreativitas yang mencerahkan dan solutif, etos kerja paripurna penuh kebersamaan, pelayanan prima dari jiwa terdalam, dan lahirnya manusia-manusia unggul dan kaya akan karya yang nyata.

Sebuah ruang tamu sederhana. Di tempat inilah sebuah cita-cita besar “menjadi media Islam terbaik untuk umat” terkumandangkan. Bermula dari mengemas apik lembaran buletin Jumat, menjadi trend setter terbitnya novel-novel islami, hadir dengan ratusan judul buku berkelas internasional dan segudang penghargaan, hingga dipercaya menjadi trend setter lahirnya segudang inovasi Al Quran.

Memang tidak pernah ada hitungan satu malam untuk mencetak sebongkah batang yang tegar. Tidak ada pula hitungan satu siang untuk menumbuhkan akar yang kekar mencengkeram bumi. Sebuah kesuksesan selalu terbangun di atas jalan yang panjang. Dan jalan panjang yang senantiasa menguatkan itu adalah LIVING THE MIRACLE, Menjalani Keajaiban, Hidup bersama Keajaiban! Setiap proses yang diyakini akan mengantarkan pada banyak sekali kesuksesan dijalani sebagai sebuah keajaiban! Inilah semangat yang kini bahkan telah bertansformasi menjadi gunungan energi. LIVING THE MIRACLE sekaligus merupakan transformasi tiada henti atas nilai-nilai fitrah manusia ke dalam bentuk-bentuk kreativitas yang mencerahkan dan solutif, budaya dan etos kerja paripurna penuh kebersamaan, pelayanan prima dari jiwa terdalam, dan lahirnya manusia-manusia unggul dan kaya akan karya nyata yang mengantarkan Sygma Creative Media Corporation (Sygma CMC) mewujud dalam keadaan mutakhirnya hari ini.

KUBANGAN PELUANG KREATIVITAS

 Kreativitas bukanlah gambar-gambar penuh warna atau coretan-coretan abstrak dengan makna sangat dalam. Bagi kami, kreativitas adalah lahirnya solusi yang mencerahkan dari setiap tantangan, baik berbentuk produk maupun pelayanan, sebagai hasil dari transformasi nilai-nilai fitrah manusia.

Creative Industries Task Force sebagai inisiatif pemerintah Inggris dalam menyelamatkan perekonomiannya telah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kontribusi industri kreatif terhadap perekonomian Inggris. Hal ini berkembang dan banyak diadopsi oleh negara lain, termasuk Indonesia. Melalui hal ini, Indonesia mengalami pertumbuhan positif dengan tingginya konsumsi pasar domestik yang salah satu di antaranya ditopang oleh berkembang pesatnya industri kreatif.

Pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia dari tahun 2006 hingga 2009 tercatat 2,9 % per tahun dengan rata-rata pertumbuhan industri kreatif di Indonesia sebesar 6,5 % padahal rata-rata negara di ASEAN hanya 5 % (Pusat data Republika, 20 Januari 2012). Kota Bandung, sebagai tempat lahir dan tumbuhnya Sygma CMC, bahkan terpilih dalam 5 besar kota kreatif se-Asia. Hal tersebut berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu media di Singapura yakni Channel News Asia pada Desember 2011 lalu. (Detik Bandung, Februari 2012)

 Perubahan dan tantangan peta bisnis seperti ini, lagi-lagi disikapi Sygma CMC sebagai sebuah keajaiban. Bagi Sygma CMC, ini adalah kubangan peluang kreativitas yang karenanya segera menguatkan tekad untuk menjadi juara di industri ini. Jika sebelumnya dikenal sebagai penerbit dan percetakan, mengawali tahun 2012, Sygma CMC mulai merambah 9 dari 14 jenis industri kreatif. Kesembilan industri kreatif yang mulai menjadi target pengembangan Sygma CMC adalah Research and Development (R&D), Advertising, Design, Fashion, Film Video Fotografi, Interactive Games, Publishing dan Printing, Computer dan Software, serta TV dan Radio.

VISI, MISI, DAN SEJARAH

Menjalani sepenuhnya sebagai perusahaan dalam dunia industri kreatif tentu berbeda dengan hanya mengelola sebuah penerbitan dan percetakan. Menyadari hal demikian, Sygma CMC merasa perlu menyesuaikan visi dan misinya. Tujuannya jelas, yakni menjadi arah utama perusahaan, pagar dalam pengelolaan bisnis, dan tentu sebagai pendukung utama dalam merealisasikan cita-cita menjadi juara dalam industri kreatif. Berikut adalah pernyataan visi Sygma CMC.

 “Menjadi korporasi media berbasis nilai keluarga yang paling berpengaruh di Indonesia, berfokus kepada industri media kreatif dengan kualitas internasional, jaringan global, dan profitabilitas tinggi.”

 Untuk mewujudkan visi tersebut, Sygma CMC menetapkan lima mission statement.

  1. Mewujudkan perusahaan media kreatif nomor satu di Indonesia dengan jalur-jalur pemasaran yang terintegrasi secara efektif.
  2. Mengembangkan sumberdaya manusia yang profesional, berakhlak baik, loyal dan berkomitmen kepada pengembangan bidang media.
  3. Merancang dan menghasilkan produk-produk bermutu dengan konten yang unggul, bermanfaat dan berorientasi kebaikan universal untuk masyarakat Indonesia dan dunia.
  4. Mewujudkan perusahaan berstandar Internasional yang memberikan jaminan kepuasan pelanggan secara optimal.
  5. Memperoleh keuntungan terbaik untuk menyejahterakan segenap pemangku kepentingan dan berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

 Salah satu yang menjadi pertimbangan utama penyusunan satetement visi dan missi ini adalah rangkaian sejarah perjalanannya bertransformasi dari sekedar perusahaan penerbitan menjadi perusahaan penuh dalam industri kreatif. Inilah perjalanan yang setiap tahapannya dirasakan seluruh insan Sygma CMC sebagai rangkaian keajaiban yang sangat menguatkan. LIVING THE MIRACLE berarti menikmati setiap tahapan sejarah berikut ini.

  1. Tahun 2008, Sygma berbadan hukum PT Sygma Examedia Arkanleema yang bergerak pada industri publishing dan printing.
  2. Tahun 2009, sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian guna pemberdayaan umat, Sygma Foundation didirikan.
  3. Tahun 2010, Sygma Foundation mendirikan sekolah Bintang Madani.
  4. Tahun 2010, Sygma merasa perlu memisahkan pengelolaan perusahaan printingnya sebagai anak perusahaannya. Oleh karena itu, lahirlah PT Sygma Exa Grafika.
  5. Akhir tahun 2011, transformasi menjadi Sygma CMC (Creative Media Corporation) diresmikan sebagai bentuk jawaban atas tantangan dalam industri kreatif saat ini. Pada saat inilah Sygma melebarkan sayap industrinya dengan mengembangkan 9 dari 14 jenis industri kreatif.
  6. Tahun 2012, Sygma menghadirkan Quran Epicentrum, sebuah upaya untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi sekaligus menjadi fasilitator bagi masayarakat untuk mudah berinteraksi dengan Al Quran.
  7. Akhir tahun 2012, Sygma kembali melahirkan dua anak perusahaannya, yakni PT Sygma Media Inovasi (Sygma Innovation), perusahaan yang diproyeksikan untuk menciptakan dan membidani lahirnya segala macam inovasi produk; dan PT Sygma Daya Insani (SDI), perusahaan yang diproyeksikan untuk melakukan distribusi secara direct selling atas produk-produk inovatif Sygma Innovation.

 

ANAK PERUSAHAAN DAN UNIT BISNIS

Berstrategi mengembangkan perusahaan secara massif dan berkelanjutan, selain mendirikan beberapa anak perusahaan, Sygma juga membentuk beberapa unit bisnis untuk mencapai tujuannya. Berikut adalah anak-anak perusahaan dan unit bisnis Sygma CMC.

1. PT Sygma Media Innovasi (SMI/Sygma Innovation)

Sygma Innovation adalah anak perusahaan Sygma CMC yang diproyeksikan untuk menciptakan dan membidani lahirnya segala macam inovasi produk. Inilah perusahaan yang pada awalnya berperan sebagai penerbit, baik buku ataupun Al Quran dan produk-produk sejenisnya. Sebagai bagian dari penguatan menjadikan Sygma CMC sebagai perusahaan dalam industri kreatif, kini Sygma Innovation mendapatkan kepercayaan untuk mengelola bisnis Research & Development (R&D), pelayanan jasa advertising, jasa penyediaan creative & digital content, pelayanan jasa design graphic dan multimedia, dan penciptaan produk-produk publishing.

2. PT Sygma Exa Grafika (SEG)

SEG merupakan anak perusahaan Sygma CMC dan sudah mewujud menjadi perusahaan berskala nasional yang bergerak di bidang percetakan buku dan produk berbasis cetak lainnya. SEG berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan jasa cetak yang memiliki keunggulan pada bentuk dan kemasan produk yang menarik dan berkualitas. Setiap produk yang dihasilkan oleh SEG memiliki keunikan yang memberi nilai tambah produk tersebut dibandingkan dengan produk lain. Tenaga profesionalnya senantiasa menjaga komitmen untuk menghadirkan produk cetak yang memberikan kepuasan dan solusi bagi semua pelanggannya.

3.     PT Sygma Daya Insani (SDI)

SDI merupakan anak perusahaan Sygma CMC yang diproyeksikan untuk melakukan distribusi secara direct selling atas produk-produk inovatif Sygma Innovation. Proyeksi dari produk yang didistribusikannya bertujuan mewujudkan sebuah kemuliaan, yakni “Building Smart Family Through Modern Science and Moral Values”, Membangun Keluarga Cerdas Melalui Ilmu Pengetahuan Modern dan Nilai-Nilai Moral. Untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut, saat ini SDI sudah didukung oleh 7 produk inovatif yang dihasilkan Sygma Innovation, yaitu:

  1. Muhammad Teladanku (MUTE);
  2. Pustaka Sains Populer Islami (PUSPI);
  3. Wahana Belajar Anak Cerdas (WBAC);
  4. Insan Teladan Sepanjang Zaman (INSZA);
  5. MiracleQu (Paket Al Quran Eksklusif);
  6. It`s My World (IMW, Paket Islamic Character Building untuk Balita);
  7. Ensiklopedi Mukjizat Ilmiah Al Quran (EMIA).

 

4. Sygma Creative Media Marcomm (CMM)

CMM adalah salah satu unit bisnis Sygma CMC yang mendapatkan kepercayaan perusahaan untuk menjadi main distributor (non direct selling) atas seluruh produk perusahaan. Sebagai perusahaan distribusi utama atas produk-produk perusahaan, CMM juga mendapat kewenangan penuh dalam pengelolaan seluruh brand produk perusahaan, yakni:

  1. SYAAMIL QURAN (untuk produk-produk Al Quran). Hingga saat ini, brand ini telah mengusung beragam produk dan varian Al Quran inovatif sekaligus menjadi trend setter. Beberapa di antaranya: The Miracle 15 in 1, Miracle The Reference 22 in 1, Miracle The Reference 66 in 1, Hijaz Terjemah Tafsir per Kata, Quran Tilawah Cordova, Quran untuk Anak My First Al Quran, Quran Special for Woman, dan lain-lain.
  2. SYAAMIL BOOK (untuk produk-produk buku). Sejak 2008 hingga saat ini, Syaamil Book telah mengusung ratusan judul buku, baik yang berasal dari penulis lokal maupun luar negeri. Tema-tema yang disusung Syaamil Book meliputi tema-tema keluarga, anak, rujukan keislaman, dan lain-lain.
  3. PROGRESSIO (untuk produk-produk lainnya). Meski masih dipergunakan untuk mengusung produk-produk buku bertema motivasi, pendidikan anak, dan bisnis, ke depannya brand ini akan diproyeksikan menjadi brand yang akan mengusung produk-produk lain dari perusahaan di luar buku dan Al Quran.


5. Sygma Creative Media Production (CMP)

Untuk mewujudkan produk-produk lainnya selain selain produk cetak, Sygma CMC menjembataninya dengan membentuk unit bisnis CMP. Unit bisnis ini membantu perusahaan mewujudkan produk-produk berbasis cross media, seperti media promo berbasis non cetakan seperti jaket, tas, t-shirt; produksi multimedia seperti audio book, recording, cd, vcd, dvd, tablet dan pengembangannya; broadcasting, seperti audio video, produksi program TV, promo event, dan program radio, dan fotografi.

 

MANAJEMEN DAN SUMBER DAYA MANUSIA

 Kunci paling utama sebuah keberhasilan adalah sumber daya manusia (SDM). Transformasi nilai-nilai fitrah manusia yang kami lakukan adalah dengan menjadikan seluruh SDM kami sebagai manusia-manusia unggul, kaya akan karya yang nyata, dan tetap merendah saat keberhasilan dalam genggaman.

Manajemen Sygma CMC adalah manajemen terbaik. SDM Sygma CMC juga merupakan orang-orang yang kompeten di bidangnya. Pada usia ke empat tahunnya ini, Sygma CMC telah didukung oleh manajemen yang kuat dan SDM dengan produktivitasnya yang tinggi. Mereka adalah alumni madrasah kesulitan yang menjadikan mereka tumbuh sebagai personal-personal kunci yang kuat menghadapi tantangan dan berorientasi pada keberhasilan jangka panjang.

Melalui kepemimpinan mereka dan dukungan seluruh SDM, setahap demi setahap terus melangkah, bukan saja berkarya, melainkan juga menyelaraskan dengan terus meningkatnya daya saing industry, kompetensi SDM, profesionalitasnya, dan optimalisasi pekerjaannya.

BERKAH DARI KESUNGGUHAN

 Kejayaan sebuah peradaban selalu lahir dari kebersamaan. Kami melakukan transformasi nilai-nilai fitrah manusia ke dalam bentuk kebersamaan dan menjadikannya sebagai etos kerja utama. Mengapa? Karena kami memimpikan kejayaan peradaban masa depan.

Ideologi kebenaran universal yang menjadi dasar budaya kerja perusahaan telah membawa langkah nyata pada program-program kerjanya, baik harian, pekanan, bulanan, dan juga tahunan. Melalui hal demikian, beragam penghargaan baik berskala local, nasional, bahkan internasional menjadi genggaman yang membanggakan perusahaan.

 Berikut adalah beberapa penghargaan yang selama ini telah diterima oleh perusahaan.

  1. Tahun 2012, Miracle e-pen Syaamil Quran telah dinobatkan MURI sebagai e-pen terlengkap tahun 2011.
  2. Antara 2008-20011, Al Quran Hijjaz Per Kata telah menjadi best seller dan best innovation produk Quran yang penjualannya mencapai ratusan tibu kopi eksemplar.
  3. Tahun 2011, Sygma meraih meraih juara III Indigo Fellowship Telkom Indonesia untuk kategori Animasi dan Digital Comic melalui produk Aisyah and The Backbone.
  4. Juni 2012, salah satu konten untuk Nokia Life Tools telah memenangkan penghargaan di even international: Telecom Business Innovation Award 2012 di London, UK.

Hal lain sebagai berkah dari kesungguhannya, Sygma juga beberapa kali mampu memberangkatkan SDM-SDM terbaiknya untuk tugas luar negeri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Frankfurt International Book Fair (2009 dan 2011)
  2. Cairo International Book Fair (2009 dan 2010)
  3. Kuala Lumpur International Book Fair (2011)
  4. HKTDC Hong Kong Electronics Fair (Spring Edition) (2012)

LIVING THE MIRACLE ADALAH BERBAGI KEAJAIBAN

Kualitas pelayanan adalah cermin sebuah keberhasilan. Keprimaan pelayanan menjadi pertanda besarnya keberhasilan. Kami mentransformasi nilai-nilai fitrah manusia bukan hanya ke dalam pelayanan prima, melainkan pelayanan prima yang berjiwa dan penuh makna.

Sygma CMC bukan hanya entitas bisnis, melainkan juga sebuah entitas pelayanan yang membagikan banyak keajaiban untuk masyarakat banyak. Melalui Sygma Foundation, banyak program-program sosial yang selama ini telah mewujud sebagai bentuk pelayanan kami terhadap masyarakat banyak.

1. Wakaf, Beasiswa, Pelatihan, dll

Sygma Foundation berdiri sejak 2008. Pendirian Sygma Foundation oleh pemilik perusahaan dan Pembina Yayasan adalah untuk menjadi mitra perusahaan dalam melaksanakan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sygma Examedia Arkanleema, khususnya dalam bidang Wakaf Al Quran.

Program yang dilaksanakan yakni membumikan Al Quran lewat Quran activities dari mulai mewakafkan Al Quran, beasiswa tahfidz, mencetak guru Al Quran di masyarakat, serta menyiapkan guru beserta metode baca Al Quran-nya juga.

Total Mushaf Al Quran yang telah diwakafkan (2012) sebanyak 2546 eksemplar yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

2.    TK & SD Bintang Madani

Sekolah Bintang Madani bernaung di bawah Yayasan Sygma Cahaya Insani (Sygma Foundation). Didirikan pada tahun 2010, sekolah dengan tagline Green Global School ini berlokasi di jalan Terusan Pesantren No. 102, Cisaranten Bina Harapan, Arcamanik, Bandung, Jawa Barat.

Sekolah Bintang Madani bertujuan melahirkan generasi calon pemimpin (leader) yang berbasis pada nilai-nilai Al Quran. Makna Green Global School yang diusungnya bermakna bahwa sekolah memiliki “Green Commitment” yang diimplementasikan dalam konsep Green Education (Green Building, Green Environment, Green Learning, Green Nutrition, dan Green Technology).

3.  Pemuda Mandiri

Pemuda adalah tumpuan harapan bangsa. Pemuda akan menentukan masa depan suatu bangsa. Banyaknya pengangguran di Indonesia menginspirasi lembaga PT Progressio Edma Solusi dan lembaga kemanusiaan nasional PKPU membentuk wadah bagi kemandirian para pemuda.

Pemuda Bintang Indonesia memberdayakan pemuda Indonesia untuk dibina dan diajari enterpreneur untuk bisa mandiri. Program yang dilakukan yakni memberi pelatihan kewirausahaan kepada pemuda yang punya komitmen dan keinginan untuk berwirausaha berlangsung selama 4 bulan berisi materi dan aplikasi kewirausahaan, yang dilanjutkan dengan pembinaan selama 6 bulan oleh praktisi berpengalaman.

 

Sejarah akan senantiasa melangkah, mengantar setiap mimpi menjadi kenyataan bagi siapa yang memimpikannya. Mimpi Sygma sudah sekian titian terantar. Satu yang senantiasa hidup dalam jiwa setiap civitasnya, titian setiap langkah adalah keajaiban yang menyenangkan, dan tentu akan terus dibagikan kepada siapa saja yang berkenan. Wallahua’lam.***

 

CetakCetak
ArsipArsip
RSSRSS


Keranjang
Jumlah Pembelian 0 Jenis Buku
Total Belanja Rp. 0
Pencarian Buku
Marketing Online
Member Login

Informasi
Testimonial
Ali Mahmudi
dan nyaman dibawa, mudah dibaca dan referensi yang baik ...

Beni Oktahadi
semenjak saya membeli alqur'an miracle+epen,saya sekeluarga bisa mempelajari alqur'an ...

ariek eko
mantap sekali Al-quran yg saya beli, komplit tp agak ...

Resensi
Al-Qur'an Paket My First Al-Qur'an
Al-Qur'an Paket My First Al-Qur'an
Al-Qur`an Sahabat Pertama Buah Hati Anda ...

Resensi 10 Bersaudara Bintang Al Qur'an
Resensi 10 Bersaudara Bintang Al Qur'an
adalah satu-satunya Kitab Suci agama samawi yang terjaga kemurniannya hingga sekarang. Alquran bahkan terbebas ...

News & Artikel
Quran Epicentrum Luncurkan Fun Tahsin Online dengan Aplikasi WeChat
Quran Epicentrum Luncurkan Fun Tahsin Online dengan Aplikasi WeChat
PT. Sygma Examedia Arkanleema untuk menyebarkan keajaiban AlQuran disambut positif pengunjung Bandung Islamic Book ...

Memunculkan Ide kreatif bersama Ridwan Kamil
Memunculkan Ide kreatif bersama Ridwan Kamil
adalah kotanya orang kreatif, yang sebagian besarnya anak muda. Setiap saat, kegiatan kreatif bermunculan ...


Sygma Group :